Teheran,LiputanIslam.com-Mantan ketua Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengkritik statemen Donald Trump terkait Iran. Mohamed ElBaradei menyatakan, Washington tidak akan bisa memperlakukan Iran sama seperti Korut.

“Anda tidak bisa membubarkan kesepakatan yang dipandang vital oleh semua pihak, kemudian mengancam negara itu, menghina para pemimpinnya, kemudian tiba-tiba menyatakan siap untuk berunding,”cuit ElBaradei dalam akun Twitter-nya.

“Semua kesepakatan dibuat atas dasar saling percaya, kerjasama, dan respek timbal balik, bukan dengan intimidasi dan ancaman. Cara (berunding dengan) Korut bukan model yang tepat untuk Iran,”lanjutnya.

Trump sebelum ini berkoar-koar akan menekan Iran sampai batas melontarkan ancaman perang. Namun kemarin malam tiba-tiba dia mengaku siap bertemu dengan Hassan Rouhani “tanpa syarat apa pun” dan “kapan pun Iran kehendaki.”

Menurut para pakar, tindakan presiden AS ini mirip dengan yang dilakukannya terhadap Korut. Pada awal-awal keberadaannya di Gedung Putih, dia mengkritik keras para petinggi Korut, bahkan menyebut Kim Jong-un sebagai “Pria Roket Kecil.” Meski demikian, beberapa bulan yang lalu, Trump menjadi presiden pertama AS yang bertemu dengan pemimpin Korut. Setelah pertemuan itu, Trump menyanjung Jong-un dengan sebutan “pria luar biasa,” “cerdas,” dan “pecinta rakyatnya.” (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*