Menteri Perminyakan Iran, Bijan Zangganeh.

Tehran,LiputanIslam.com—Menteri Perminyakan Iran, Bijan Zanganeh, menyampaikan bahwa tekanan yang diberikan AS terhadap Iran ternyata tidak memberikan dampak yang cukup berarti bagi produksi dan ekspor minyak Iran. Ia menambahkan, rencana Iran untuk melawan berbagai ancaman AS sedang berjalan lancar.

Bagi Zanganeh, sikap anti-Iran yang telah dikampanyekan oleh Amerika telah menyebabkan naiknya harga minyak dunia. Tak hanya itu, tekanan AS kepada Arab Saudi untuk memproduksi minyak secara berlebih juga dapat menyebabkan disabilitas pasar minyak dunia.

Zanganeh juga mengatakan bahwa tekanan AS tersebut bertentangan dengan prinsip Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC), sebuah organisasi perminyakan dunia beranggotan Arab Saudi dan Iran.

“Prinsip-prinsip yang termuat di dalam OPEC tidak akan pernah membenarkan adanya tekanan politik untuk mengubah arah pasar,” ucapnya seperti dimuat oleh Press TV pada Senin (9/7).

Beberapa waktu lalu, Presiden Trump mengonfirmasi kesediaan Arab Saudi untuk meningkatkan produksi minyaknya hingga 2 juta barel perhari guna menormalkan kembali harga minyak dunia yang terus meroket. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*