Teheran,LiputanIslam.com-Kemenlu Iran bereaksi atas pernyataan menlu Prancis dalam konferensi pers bersama sejawat Saudinya. Bahram Qassemi menyatakan, sejumlah pejabat transregional datang ke Teluk Persia dan merilis pernyataan tanpa mengindahkan realitas dan fakta yang ada di kawasan.

“Mereka terpengaruh oleh bisikan-bisikan pejabat Saudi dan mengutarakan kekhawatiran yang dibuat-buat dan tanpa alasan tentang Iran,”kata Qassemi.

Qassemi mengatakan, sikap para pejabat transregional ini tidak akan mengurangi problem yang dihadapi Saudi dalam krisis-krisis yang ditimbulkan olehnya sendiri. Juga tidak bisa membantu Saudi keluar dari krisis internal dan regional yang menderanya.

Juru bicara kemenlu Iran menegaskan, penjualan senjata-senjata mematikan dari negara-negara transregional kepada negara-negara kawasan adalah salah satu faktor krisis kemanusiaan di Timteng.

“Dukungan mereka kepada Saudi dan sekutunya semakin membuat negara-negara ini lebih kurang ajar serta memperparah instabilitas dan ketidakamanan di kawasan penting dunia ini,”papar Qassemi.

Qassemi menyesalkan sikap Prancis yang memandang bencana kemanusiaan di Timteng secara sepihak. Menurutnya, sikap ini justru mengaktualkan potensi krisis di kawasan.

“Situasi terkini di kawasan, penyebaran stabilitas, dan perang terhadap terorisme membutuhkan sikap dan pandangan realistis serta bertanggung jawab dari semua negara-negara dunia,”pungkasnya. (af/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL