FatimahTeheran, LiputanIslam.com — Iran merayakan Hari Perempuan Nasional sebagai bentuk penghormatan kepada putri Nabi Muhammad Saw, Sayyidah Fatimah. Hari Perempuan Nasional dirayakan bertepatan dengan hari kelahiran Sayyidah Fatimah. Seperti diketahui, Rasulullah dalam sebuah hadist menyebutkan bahwa Fatimah adalah wanita penghulu surga, salah satu dari empat wanita mulia sepanjang zaman selain Sayyidah Khadijah, Sayyidah Maryam dan Sayyidah Asiah istri Fir’aun.

Sosoknya yang lembut, penyayang, sekaligus seorang revolusioner sejati, merupakan panutan yang patut diteladani oleh kaum Muslimah.

Rakyat Iran menggunakan hari ini untuk bersilaturahiim, terutama kepada orang tua. Mereka berterimakasi kepada ibu, istri, nenek, maupun saudara perempuan dan menghabiskan waktu bersama-sama, serta memberikan hadiah kepada para perempuan yang telah berjasa dalam hidup mereka.

Kaum perempuan di Iran sangat dimuliakan. Sekitar 60% pelajar di Universitas Iran berjenis kelamin perempuan. Sejak awal Iran menyatakan bahwa perempuan adalah dan pilar bangsa, yakin bahwa kemenangan revolusi Islam tidak akan terjadi jika bukan karena peran perempuan. Karena itulah, Iran sangat memuliakan perempuan dan mendorong para perempuan untuk mengeyam pendidikan tinggi, tanpa meninggalkan jati dirinya. Tidak heran jika di Iran, kita bisa menemukan para perempuan bekerja di berbagai bidang, misalnya sebagai dokter, penyiar, perawat, tentara, para ahli, hingga menjadi pejabat negara seperti walikota, menteri ataupun pejabat penting lainnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL