Teheran,LiputanIslam.com-Kemenlu Iran merilis tanggapan atas pengunduran diri perdana menteri Lebanon dan klaim-klaim anti-Irannya. Bahram Qassemi menyatakan, pengunduran diri mendadak Saad Hariri yang diumumkannya di negara lain (Saudi, red) bukan hanya memicu keprihatinan dan keterkejutan, tapi juga menunjukkan bahwa dia memainkan permainan yang dirancang kaum jahat di kawasan.

“Pemenang permainan ini bukan negara-negara Arab atau Islam, tapi Rezim Zionis yang mendefinisikan kehidupannya dalam pertikaian ‘di’ dan ‘antara’ negara-negara Muslim kawasan,”kata jubir kemenlu Iran.

Menurut Qassemi, di tengah situasi ketika ISIS dan kelompok-kelompok teroris di ambang kehancuran, semestinya semua pihak berupaya menjaga kondisi tetap tenang.

“Dengan demikian, kita bisa menebus kerugian yang diakibatkan para teroris binaan Amerika dan sekutu-sekutu regionalnya, serta merekonstruksi negara-negara korban perang,”lanjut Qassemi.

Qassemi menyatakan, tuduhan-tuduhan ala Israel, Amerika, dan Saudi yang dilayangkan melalui Hariri adalah bukti bahwa pengunduran dirinya telah dirancang sebelumnya.

“Pengunduran diri ini adalah skenario baru untuk menciptakan ketegangan di Lebanon dan kawasan. Namun kami yakin bahwa rakyat Lebanon akan mampu melewati tahap ini dengan mudah.”

Republik Islam Iran, menurut Qassemi, selalu menghendaki terjaganya stabilitas dan perdamaian di negara-negara kawasan. Iran disebutnya mendefinisikan kepentingannya dalam stabilitas dan geliat ekonomi negara-negara tetangga.

“Oleh karena itu, Iran menjadikan perang terhadap instabilitas dan kelompok-kelompok teroris sebagai prioritas kebijakan regionalnya,”tegas Qassemi.

Qassemi menyinggung pernyataan presiden Lebanon soal hubungan baik kedua negara, juga bantahan Michel Aoun soal intervensi Iran di negaranya. Dia menegaskan, Iran selalu menghormati kedaulatan Lebanon dan siap bekerjasama dengan negara tersebut di berbagai bidang. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL