Teheran,LiputanIslam.com-Sekjen Asosiasi Dunia Kebangkitan Islam menyatakan, Palestina masih merupakan isu utama Dunia Islam. Sejumlah perkembangan terakhir menunjukkan isu Palestina memiliki urgensi tinggi.

Ali Akbar Velayati menuturkan, dalam beberapa tahun terakhir ada upaya-upaya untuk menenggelamkan isu Palestina. Juga ada beberapa pihak yang mendorong sejumlah tokoh Palestina untuk berkompromi dengan Israel. Namun, tetap saja Palestina masih belum dilupakan Dunia Islam.

Menurut Velayati, segitiga Amerika-Israel-negara ‘kolot’ di kawasan berupaya menciptakan musuh semu bagi Dunia Islam.

“Iran, yang merupakan pembela utama Palestina dan awal garis muqawamah, dikesankan sebagai musuh utama. Namun sejumlah perkembangan terakhir di Dunia Islam dan kemenangan-kemenangan yang diraih menyebabkan resolusi al-Quds PBB diterima banyak negara, bahkan termasuk mereka yang menciptakan Israel,”paparnya.

Mantan menlu Iran ini mengatakan, sebuah koran melansir berita bahwa resolusi PBB akan didukung oleh 250 negara. Namun lantaran ancaman Amerika, hanya 128 negara yang menyetujui resolusi tersebut.

“Negara-negara pendukung Amerika bisa dihitung dengan jari. Hanya ada 5 negara Eropa di antara mereka, dan itu pun merupakan negara-negara kecil,”jelas Velayati.

Perubahan sikap para pemihak Amerika, menurut Velayati, disebabkan kemenangan-kemenangan front muqawamah di Irak, Suriah, dan Yaman. Mereka disebutnya mengubah sikap supaya jangan sampai dukungan terhadap Amerika berujung pada Intifada jilid III.

Dia menyayangkan resolusi sidang OKI yang dianggapnya kurang tegas, karena resolusi itu membagi Palestina menjadi dua bagian, dan itu berlawanan dengan pandangan Iran.

“OKI menyebut al-Quds Timur sebagai ibukota Palestina. Namun Iran meyakini bahwa keseluruhan al-Quds adalah milik Palestina. Bagi Iran, tidak ada yang disebut dua bagian atau dua Palestina,”tandas Velayati. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*