Teheran,LiputanIslam.com-Jubir Kemenlu Iran mengecam keras serangan teror di Kabul, pagi waktu setempat. Di saat yang sama, dia juga menyampaikan belasungkawa kepada pemerintah dan rakyat Afghanistan.

Bahram Qassemi menolak segala bentuk kekerasan yang digunakan demi mencapai tujuan. Dia berharap, dialog politik antara kelompok-kelompok di Afghanistan tidak diintervensi oleh pihak-pihak asing penyokong kelompok teroris. Menurutnya, dialog semacam ini bisa mencegah terulangnya aksi-aksi teror yang mengancam stabilitas dan keamanan Afghanistan.

Qassemi menegaskan, aksi teror, di manapun terjadinya atau siapapun pelakunya, adalah tindakan yang tidak manusiawi. “Serangan bom bunuh diri di Kabul menunjukkan, tiadanya sikap tegas terhadap fenomena ini dan berlanjutnya dukungan terhadap kelompok-kelompok teroris telah menyebabkan bertambahnya aksi keji ini,”ungkapnya.

Menurut laporan Reuters yang dikutip dari pejabat Kementerian Kesehatan Afghanistan, sebanyak 80 orang tewas dan 350 orang terluka dalam serangan teror ini. Menilik kondisi kritis sejumlah korban luka, ada kemungkinan bahwa korban jiwa akan terus bertambah.

Ledakan bom ini terjadi di kawasan yang ditempati istana kepresidenan Afghanistan dan sejumlah kedubes negara-negara asing. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL