Teheran,LiputanIslam.com-Mahkamah Internasional pada hari ini, Rabu (4/10) memutuskan, AS harus mencabut sebagian sanksi yang dijatuhkan atas Iran.

Menanggapi keputusan ini, menteri luar negeri Iran mengatakan, ini adalah kekalahan lain bagi pemerintah AS, juga merupakan kemenangan bagi superioritas hukum.

“Pengadilan Tinggi PBB telah memutuskan bahwa AS harus berkomitmen untuk melaksanakan kesepakatan yang dilanggarnya dengan mengembalikan sanksi atas rakyat Iran,”cuit Mohammad Javad Zarif dalam akun Twitter-nya.

“Adalah hal penting bagi masyarakat internasional untuk secara kolektif melawan kesewenang-wenangan AS yang berdampak merugikan ini,”lanjutnya.

Mahkamah Internasional mengadakan rapat hari Rabu (4/10) di Den Haag guna membahas tuntutan Iran terkait kesepakatan dengan AS. Pada akhirnya. Mahkamah mengabulkan sebagian dari tuntutan Iran tersebut.

Washington diperintahkan untuk mencabut sejumlah pembatasan di bidang kemanusiaan, pertanian, dan layanan penerbangan. Mahkamah Internasional juga menghimbau kedua belah pihak untuk menghindari tindakan yang bisa meningkatkan ketegangan.

Sebelum ini, Iran menggugat AS karena Washington dianggap melanggar Perjanjian Persahabatan yang ditandatangani pada 1955 lalu.. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*