Syeikh NimrTeheran, LiputanIslam.com — Iran mengecam keras eksekusi yang dilakukan oleh rezim Arab Saudi terhadap Syaikh Nimr Baqir al-Nimr.

“Eksekusi yang dilakukan terhadap sosok seperti Syaikh Nimr, menyiratkan bahwa pemahaman agama maupun tujuan politik rezim Saudi amatlah ceroboh dan tak bertanggung jawab,” kecam juru bicara Kementrian Luar Negeri Iran, Hossein Jaberi Ansari, seperti dilansir Presstv, (02/1/2016).

“Rezim Saudi mendukung teroris dan takfiri ekstremis, namun di dalam negerinya , mereka menindak para pengritik dengan eksekusi dan penindasan,” tambahnya.

“Syaikh Nimr dieksekusi, sementara teroris takfiri dan ekstremis lainnya yang telah mengancam perdamaian dan keaamanan di kawasan. Saat ini, dunia terancam oleh eksisnya teroris-teroris ini. Jelas, bahwa konsekuensi dari kebijakan yang tak bertanggung jawab ini akan dipikul oleh siapapun dibalik keputusan ini. Rezim Saudi akan membayar harga yang mahal.”

Pada hari ini, Sabtu (02/1/2015) Menteri Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan eksekusi yang dilakukan terhadap Syaikh Nimr, bersama dengan 46 orang lainnya yang dituduh melakukan terorisme ataupun dengan tuduhan telah menganut ideologi takfiri.

Eksekusi atas Syaikh Nimr menuai kemarahan dari penjuru dunia. Aksi protes telah digelar di Yaman dan Bahrain, juga digelar di kota Qatif, Arab Saudi. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL