Kapal lautTeheran, LiputanIslam.com — Iran menyebut bahwa kapal Amerika Serikat (AS) bertindak provokatif dan tidak profesional, sehingga akhirnya pihaknya menahan kapal tersebut.

“Kapal USS Harry S. Truman, yang saat ini ditempatkan di Teluk Persia, telah melakukan manuver yang tidak tepat,” jelas Laksamana Ali Fadavi, Kepala Angkatan Laut Garda Revolusi Islam Iran, dalam sebuah wawancara dengan televisi pemerintah, yang dikutip oleh RT (13/1/2016),

“Kru AS ditahan tanpa melakukan banyak perlawanan. Tetapi mereka menunjukkan tindakan yang tidak profesional selama 40 menit,” jelas Fadavi.

Baca juga: Masuk ke Perairan Iran, Dua Kapal dan Kru AS Ditahan Garda Revolusioner Iran

Fadavi menyebut bahwa laporan dari berbagai media bahwa 10 kru AS yang ditahan akan segera dilepaskan hanyalah spekulasi semata.

“Kami akan menanyai mereka. Dan kami peringatkan bahwa Iran akan melakukan tindakan yang seharusnya dilakukan jika kapal ini masuk ke perairan Iran untuk melakukan kegiatan mata-mata, bukan karena adanya kerusakan,” tambah Fadavi.

Fadavi membenarkan bahwa Menteri Luar Negeri AS John Kerry telah berbicara dengan Menteri Luar Negeri iran, Javad Zarif.

“Zarif menuntut permintaan maaf resmi dari AS karena telah melanggar kedaulatan perairan Iran,” tegas Fadavi.

Dua kapal AS ini dilengkapi dengan senjata senapan mesin, dan ditahan karena telah masuk ke perairan Iran sejauh satu mil. Ada laporan bahwa kapal salah satu dari kapal tersebut mengalami kerusakan mekanik. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL