Tehran,liputanIslam.com—Jubir Parlemen Iran, Larijani, menyampaikan penyesalannya atas tindakan Arab Saudi yang memutuskan hubungan diplomatik serta memboikot perdagangan melawan Qatar. Ia menekankan bahwa Iran telah berkomitmen untuk membangun hubungan yang bersahabat dengan salah satu negara Arab tersebut.

Pernyataan ini disampaikan oleh Larijani saat berlangsungnya acara Konferensi PUIC di Tehran, pada Selasa (16/1) lalu. Ia menambahkan bahwa, “ Kami tidak percaya bahwa sangsi yang kini ditetapkan Arab Saudi terhadap Qatar adalah cara yang tepat”.

Pada 5 Juni 2017 lalu, Arab Saudi dan beberapa negara Arab lainnya seperti Uni Emirat Arab, Bahrain, Mesir, Libya, Maladewa, Djibouti, Senegal, dan Komoros, bersepakat untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar atas tuduhan Qatar telah mendukung terorisme. Sebuah tuduhan yang telah ditolak oleh Qatar.

Jubir Dewan Penasehat Qatar menegaskan bahwa dialog merupakan cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah antar negara dan mengutuk beberapa negara yang justru menggunakan cara-cara kejam seperti agresi militer.

Qatar sangat mengapresiasi sikap Iran yang mencoba untuk membangun hubungan baik dengan Qatar. Hingga kini, negara-negara teluk aliansi Arab Saudi masih memberlakukan boikotnya terhadap Qatar. (fd/al-alam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL