Baghdad,LiputanIslam.com-Ayad Allawi, mantan wakil presiden Irak, menyampaikan klaim-klaim menggelikan tak berdasar terhadap Iran. Dalam wawancara khusus dengan stasiun televisi Fox News, Allawi menyinggung kekeliruan-kekeliruan Barrack Obama di Timteng dan berharap Trump bisa menebus kesalahan-kesalahan tersebut.

“Kesalahan utama Obama adalah menjauh dari negara dan kawasan yang benar-benar membutuhkan dukungan AS. Di saat Irak tidak mampu berdiri sendiri, Obama justru memutuskan untuk angkat kaki dan membuat kekosongan ini diisi oleh Iran. Pengaruh baru Iran adalah penyebab terjadinya sebagian besar pertumpahan darah di Irak,”demikian yang diklaim Allawi dalam wawancaranya.

Allawi yang sebelum ini juga pernah menjabat sebagai perdana menteri sementara Irak, menggunakan kesempatan wawancara ini untuk menyerang Iran lebih lanjut. Dia mengatakan,”Pengaruh Iran mendatangkan musibah dan perang di Timteng. Iran menjadikan Suriah, Irak, dan kawasan lain tidak stabil.”

Menurut klaim Allawi, Obama telah menyebabkan pihak-pihak yang dekat dengan Iran memegang kendali di Irak.

Terkait bertambahnya aktifitas Rusia di Timteng, Allawi berpendapat bahwa Moskow dan Putin harus diajak bekerjasama untuk menumpas ISIS.

Klaim-klaim Allawi ini jelas berlawanan dengan fakta, karena pemerintah Irak berulangkali berkonsultasi dengan Teheran dan menganggapnya sebagai hal vital dalam memerangi kelompok teroris ISIS. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL