Tehran,LiputanIslam.com—Sangsi ekonomi yang diberlakukan oleh pemerintah Amerika, Donald Trump, karena program nuklir Iran ternyata tak menghalangi tekad Prancis untuk menjalin hubungan ekonomi dengan Iran.

“Kami mempertahankan beberapa perusahaan untuk tetap melangsungkan hubungan bisnis dengan Iran,” ucap Joffrey Celestin-Urbain, Direktur hubungan bilateral Kemenkeu Prancis dalam Konferensi Euromoney Iran, pada Kamis (8/2).

Beberapa negara Eropa lainnya telah meningkatkan hubungan perdagangan dengan Iran, sejak Prancis, AS, dan beberapa negara lainnya menarik sangsi ekonomi atas Iran untuk membatasi program nuklir di negara itu.

Tetapi Presiden Trump, pada 12 Januari kemarin bersumpah untuk memberlakukan kembali sangsi ekonomi tersebut, meski Prancis, Inggris, dan Jerman tidak menyetujui keputusannya.

Prancis telah membangun hubungan yang cukup dekat dengan Iran sejak tumbangnya rezim Shah pada 1979. Total ekspor Prancis ke Iran pada tahun 2017 telah mengalami peningkatan hingga 120 persen. Sementara jumlah impor mengalami pertumbuhan hingga 80 persen. (fd/al-Jazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL