Sana’a,LiputanIslam.com—Menteri Luar Negeri Iran dan Utusan PBB untuk Yaman menekankan pentingnya solusi politik yang tepat untuk mengakhiri krisis kemanusiaan yang melanda Yaman.

Dalam sebuah pertemuan yang berlangsung di Tehran, Sabtu (12/8), Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif dan Utusan PBB untuk Yaman, Ismail Ould Cheikh Ahmed, membahas perkembangan terbaru tentang Yaman yang hingga kini masih menjadi objek sasaran agresi militer Saudi.

Utusan PBB tiba di ibukota Iran, Tehran, pada Sabtu untuk berdiskusi dengan para pejabat Iran terkait konflik yang hingga kini masih melanda Yaman.

Sabtu pagi, Cheikh Ahmed melakukan pembicaraan dengan pejabat Kementerian Luar Negeri Iran, Hossein Jaberi Ansari.

Dalam pertemuan tersebut, Ansari mengatakan bahwa Iran mendukung semua usaha yang dilakukan oleh PBB untuk mengakhiri perang sekaligus krisis yang sedang melanda Yaman.

Ansari juga menunjukkan perhatian yang mendalam atas krisis kemanusiaan yang sedang melanda Yaman.

Dalam pertemuan itu juga, Cheikh Ahmed menyampaikan perkembangan terakhir tentang krisis kemanusiaan dan upaya menemukan solusi politik terbaik untuk mengakhiri konflik di negara itu.

Kedua pejabat tersebut saling bertukar pikiran agar solusi terbaik untuk mengakhiri konflik dan krisis di Yaman segera ditemukan.

Yaman telah diekspansi oleh koalisi militer pimpinan Arab Saudi sejak Maret 2015. Arab Saudi bertujuan untuk menghabisi gerakan Houthi Ansarullah yang ada di negara itu dan menegakkan kembali kepemimpinan mantan presiden Yaman, Abd Rabbuh Mansur Hadi. Meski begitu, hingga kini Saudi belum berhasil mewujudkan tujuan-tujuannya. Namun, dampak agresi militer di Yaman ini sudah berkembang pesat. Akibatnya, sistem kesehatan pun rusak parah. Berbagai penyakit seperti kolera, dan yang lainnya pun bermunculan.

Upaya perundingan yang diinisiasi oleh PBB pun belum berhasil mengakhiri konflik di negara itu. Sementara itu, Iran telah berulang kali menyeru agar aksi militer Saudi atas negara itu segera dihentikan. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL