News over Iran-P5+1 statement on solutions to move toward final deal sent ripple effects in oil market.

News over Iran-P5+1 statement on solutions to move toward final deal sent ripple effects in oil market.

Teheran, LiputanIslam.com — Tercapainya kesepahaman umum yang tersendiri dan komprehensif mengenai pembatasan program nuklir antara Iran dan P5+1 berpengaruh pada harga minyak dunia. Dari laporan Press TV, 3 April 2015, harga minyak dunia hari ini mengalami penurunan sebesar 4%, dengan jenis brent menyentuh angka 55 USD.

Analis energi menyatakan bahwa kondisi pasar dunia saat ini sudah jenuh dengan prospek kembalinya pasokan minyak dari Iran, yang sebagian besar yang masih belum terjual karena dikenakan sanksi, dan kondisi ini menimbulkan kerugian.

Namun di lain sisi, ketegangan geopolitik di Timur Tengah akibat konflik Yaman, dinilai bisa mendorong harga kembali naik.

Seperti diketahui, perwakilan dari Iran dan kelompok P5+1 dan para pejabat senior dari Uni Eropa telah mengadakan perundingan intensif di Lausanne selama delapan hari, yang bertujuan untuk memperkecil perbedaan pandangan terkait pengayaan nuklir di Iran. Pembicaraan berakhir dengan pernyataan bersama, bahwa semua pihak mencapai kesepahaman dan saling pengertian. (Baca: Iran dan P5+1 Membuat Pernyataan Bersama Terkait Program Nuklir)

Namun pencapaian ini membuat Israel kebakaran jenggot. Hari ini, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menggelar rapat kabinet untuk menanggapi kesepakatan nuklir Iran. Ia sebelumnya mengingatkan, bahwa pencapaian ini akan mengancam keberadaan Israel, karena memberikan legitimasi bagi program nuklir (termasuk pengayaan uranium), dan pemulihan ekonomi Iran jika berbagai sanksi atasnya dicabut. (Baca: Pengamat: Israel Tempuh Segala Cara untuk Gagalkan Kesepakatan Nuklir Iran)

Juru bicara pemerintah Israel, Mark Regev, menyatakan bahwa ‘gol tunggal’ Iran dalam perundingan tersebut adalah untuk menciptakan senjata nuklir. Para pajabat Israel menyatakan bahwa kesepakatan ini adalah ‘kesalahan bersejarah’ dan memperingatkan bahwa semua opsi ada di atas meja. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Comments are closed.

Positive SSL