Baghdad,LiputanIslam.com-Mantan menlu Iran menyatakan, saat ini AS adalah problem utama di Timur Tengah. Ali Akbar Velayati menyoroti kunjungan Rex Tillerson ke Timur Tengah baru-baru ini.

“Kunjungan Tillerson disebabkan kekalahan AS di lapangan dan militer, juga kegagalan konspirasi-konspirasi mereka untuk negara-negara Islam di kawasan,”kata Velayati di hadapan Ibrahim Jaafari, menlu Irak, Jumat (16/2).

Velayati menegaskan bahwa Iran terus mengawasi pergerakan politik, militer, dan keamanan AS di kawasan. Ia menambahkan, segitiga Iran-Irak-Suriah tak akan membiarkan AS menanamkan pengaruh di kawasan yang ditempati etnis Kurdi.

Sekjen Himpunan Internasional Kebangkitan Islam berharap, Irak bisa menjaga warisan syuhada perang melawan ISIS, juga memperkuat pertumbuhan baru di negara tersebut.

Jaafari menegaskan potensi dan kapasitas internal yang dimiliki Irak. Dia berpendapat, ketika suatu bangsa bertumpu pada kemampuan dalam negerinya, tak ada musuh yang bisa menghadapi bangsa tersebut.

Ia menyatakan, perang melawan ISIS membuktikan bahwa pemerintah dan rakyat Iran adalah saudara sejati Irak. “Republik Islam Iran berperan penting dalam dukungan strategis terhadap muqawamah di kawasan,”tandasnya. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*