Teheran,LiputanIslam.com-Ketua parlemen Iran menyatakan, negaranya adalah anggota organisasi perjanjian pelarangan uji coba nuklir (CTBTO) dan telah membuktikan komitmennya dalam JCPOA. Ali Larijani juga menegaskan bahwa Iran telah menanggung banyak biaya terkait kesepakatan nuklir ini.

“Jika kami hanya mengeluarkan biaya dan tidak mendapat keuntungan lantaran sikap pongah Trump, kami akan mengkaji ulang JCPOA,”kata Larijani.

Dalam pertemuannya dengan Lassina Zerbo, sekretaris eksekutif CTBTO, Larijani menyinggung fatwa pemimpin Iran terkait senjata nuklir. Dia mengatakan,”Pemimpin kami (Ayatullah Khamenei) tidak hanya mengharamkan penggunaan senjata nuklir, tapi juga senjata pemusnah massal lain seperti biologi dan kimia.”

Ketua parlemen Iran menegaskan, Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) telah menyatakan sebanyak 8 kali bahwa Iran berkomitmen pada isi JCPOA. “Namun Trump malah mengklaim sebaliknya. Jika Trump yang merasa berwenang untuk memutuskan, lalu apa tanggung jawab IAEA?”ujar Larijani.

Lassina Zerbo juga mengutarakan apresiasinya terhadap fatwa Ayatullah Khamenei terkait keharaman senjata nuklir dan menyebutnya sebagai poin yang mesti diperhatikan.

“Saya berkeyakinan, JCPOA adalah kesepakatan internasional dan tidak seharusnya sebuah negara berupaya untuk membatalkannya,”ujarnya. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL