Mosul,LiputanIslam.com—Irak meminta bantuan masyarakat internasional untuk mengumpulkan bukti terkait berbagai aksi kejahatan yang dilakukan oleh kelompok teroris ISIS.

“Kami meminta bantuan masyarakat internasional agar turut serta menghukum kelompok teroris ISIS,” tulis Menteri Luar Negeri Irak, Ibrahim al-Jaafari, dalam sebuah surat berbahasa Arab pada Kamis (17/8).

Seorang pengacara HAM Internasional, Nadia Murad, telah mendesak Irak agar mengizinkan PBB untuk melakukan penyelidikan terkait kejahatan-kehatan ISIS.

Murad berharap surat dari pemerintah Irak tersebut menjadi lonceng kematian bagi aksi genosida dan kejahatan yang dilakukan oleh ISIS di seluruh dunia, khususnya di Irak.

“Mereka yang telah menjadi korban kelompok teroris ini berhak untuk mendapatkan keadilan,” ucapnya.

Pakar PBB mengatakan pada Juni tahun lalu, bahwa ISIS telah melakukan genosida terhadap warga Irak dan Suriah melalui pembunuhan, perbudakan seksual, dan berbagai bentuk kejahatan lainnya.

Sebelumnya, ISIS telah memburu kelompok-kelompok minoritas etnis maupun agama di Irak Utara sejak mereka berhasil merebut Kota Mosul pada Juni 2014 silam. Mereka membunuh serta menggusur ribuan penganut Kristen, Shabaks, dan Turkmen yang telah hidup selama ratusan tahun di daerah tersebut. (fd/NRT)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL