Baghdad,LiputanIslam.com-Seorang anggota parlemen Irak mengumumkan, negaranya dan sejumlah negara Arab lain berusaha mengembalikan keanggotaan Suriah di Liga Arab.

Jasim Muhammad Jaafar, yang dikenal dekat dengan PM Irak Haider al-Abadi, menegaskan, kembalinya Suriah ke kondisi normal sangat berguna bagi stabilitas serta keamanan perbatasan Irak di hadapan serangan teroris.

“Irak, Mesir, Aljazair, dan Tunisia sangat mendukung Suriah kembali menjadi anggota Liga Arab,”kata Jasim Muhammad kepada situs al-Maalomah.

Menurutnya, Mesir adalah pemain utama dalam hal ini, sebab Kairo merupakan sekutu Moskow. Selain itu, secara administratif, Mesir memegang kendali Liga Arab. Sebab itu, dukungan Kairo dalam masalah ini memiliki dampak positif.

Liga Arab membekukan keanggotaan Suriah pada November 2011, menyusul terjadinya krisis di negara tersebut. Tujuan pembekuan ini adalah untuk meningkatkan tekanan atas Damaskus.

Kendati kendali sebagian besar kawasan Suriah telah dipegang pemerintah sah, para anggota Liga Arab masih enggan mengembalikan kursi keanggotaan kepada pemerintah Damaskus. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*