Riyadh,LiputanIslam.com-Skandal yang menimpa Saudi usai dibunuhnya Jamal Khashoggi telah menyebabkan ‘kaburnya’ investasi dari negara tersebut.

Bloomberg dalam laporannya membahas dampak kasus Khashoggi atas ekonomi dan penanaman modal di Saudi. Situs ini menulis, kasus ini bukan hanya memperburuk citra Muhammad bin Salman saja, tapi juga melenyapkan dukungan tokoh-tokoh politik internasional untuknya, juga kepercayaan para pengusaha untuk menanam investasi di Saudi.

Menurut Bloomberg, banyak kalangan hartawan Saudi yang berupaya mengeluarkan harta mereka ke luar negeri atau merancang rencana untuk meninggalkan negara mereka.

Situs ini melakukan wawancara dengan puluhan orang untuk laporannya, tapi dengan syarat tidak menyebutkan identitas mereka. Orang-orang ini mengatakan, mereka yang masih bertahan di Saudi menjaga investasi dalam kondisi stagnan, alih-alih meningkatkan nilainya.

Bloomberg melaporkan, orang-orang Saudi yang mengeluarkan harta mereka dari negaranya, menggunakan sebuah jaringan korporasi untuk menyembunyikan nilai harta mereka. Mereka bahkan tidak menanamkan investasi di negara-negara yang tak memiliki hubungan baik dengan Saudi.

Berdasarkan laporan ini, persentase keluarnya investasi dari Saudi pada tahun ini mencapai 13 persen, atau senilai 90 milyar dolar dari keseluruhan produksi dalam negeri Saudi dibandingkan tahun lalu. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*