London,LiputanIslam.com-Boris Johnson, menlu Inggris,berencana mengunjungi Iran pada Sabtu (9/12). Sebelum berangkat menuju Teheran, di hadapan awak media dia menjelaskan tujuan-tujuan kunjungannya ke Negeri Mullah.

“Iran adalah negara penting di kawasan strategis, tapi selalu bergejolak. Kawasan ini (Timteng) sangat penting bagi keamanan dan kemakmuran Inggris,”kata Johnson, seperti dikutip The Telegraph.

“Kunjungan pertama saya ke Iran adalah kesempatan untuk berdialog tentang sejumlah isu penting, seperti mencari solusi untuk mengakhiri perang Yaman dan menjamin akses lembaga bantuan kemanusiaan guna mengurangi penderitaan warga negara itu,”lanjutnya.

Johnson mengaku, negaranya tetap menegaskan dukungan terhadap kesepakatan nuklir Iran (JCPOA). Namun di saat yang sama, dia akan mengutarakan sejumlah kekhawatiran London terkait aktivitas nuklir Teheran di kawasan.

Menurutnya, hubungan London-Teheran telah mencapai kemajuan signifikan sejak 2011. Kendati demikian, masih ada perbedaan persepsi antara keduanya dalam banyak persoalan.

“Dialog adalah kunci utama untuk menyikapi perbedaan dalam masalah-masalah penting. Sebab itu, saya mengharap kunjungan konstruktif di Iran nanti,”ujarnya.

Johnson pada hari Jumat (8/12) pergi ke Moscat untuk menemui raja dan para pejabat Amman. Hari ini (Sabtu,9/12) dia dijadwalkan tiba di Teheran. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL