Washington,LiputanIslam.com-Mantan menlu AS mengatakan, dia berbicara dengan presidennya melalui telepon tiga jam usai berita pemecatannya dipublikasikan Trump di Twitter.

Usai kabar pemecatan menghebohkannya, Rex Tillerson muncul di hadapan jurnalis dan memberikan statemen terakhirnya dari ruang nomor 2209 Kemenlu AS.

Donald Trump telah memecat Tillerson tanpa pemberitahuan sebelumnya melalui akun Twitter-nya, kemarin pukul 08.44 waktu Washington.

Steve Goldstein, deputi diplomasi umum kemenlu AS, mengkonfirmasi bahwa Tillerson tidak tahu soal pemecatannya; hal yang juga disinggung Tillerson dalam statemennya. Goldstein pun mengalami nasib serupa dengan atasannya usai mengumumkan berita ini.

Tillerson menuturkan, Trump meneleponnya dari pesawat Air Force One (pesawat khusus presiden AS) siang kemarin. “Saya juga berbicara dengan (John) Kelly untuk meyakinkan bahwa transparansi masih berlaku di hari-hari ke depan. Hal terpenting adalah kelancaran perpindahan kekuasaan,”jelasnya.

Tillerson dalam statemennya tidak menyebut nama Trump sama sekali. Dia hanya menyebutnya “presiden AS.”

Menurutnya, dia akan tetap di posisinya hingga akhir Maret nanti. Namun sejak tengah malam waktu setempat, dia menyerahkan semua wewenangnya kepada wakilnya, John Joseph Sullivan.

Dia lalu meninggalkan ruangan tanpa menjawab satu pun pertanyaan para jurnalis yang hadir. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*