Suriah,LiputanIslam.com—Dalam dua bulan terakhir, perang yang terjadi di Suriah telah mengalami perubahan yang drastis. Hal ini terjadi akibat kekalahan kelompok teroris ISIL yang menyebabkan banyak wilayah yang mereka kuasai sebelumnya berhasil direbut oleh Tentara Arab Suriah (SAA) dan Pasukan Demokratik Suriah pimpinan Kurdi (SDF).

Dalam pertempuran panjang pada bulan April lalu melawan Tentara Arab Suriah, kelompok teroris telah kehilangan beberapa wilayah seperti Barzeh, Al-Qaboun, dan Tishreen. Beberapa wilayah tersebut adalah wilayah terakhir yang mereka kuasai di Damaskus Timur.

Sementara itu, di Damaskus Selatan, kelompok teroris Hay’at Tahrir Al-Sham telah menyerah kepada pemerintah Suriah dengan menyerahkan wilayah mereka di Kamp Yarmuk.

Di sebelah tenggara ibukota, Tentara Arab Suriah telah menguasai sebagian besar wilayah Badiya, serta mengambil posisi untuk menyerang pertahanan terakhir Tentara Pembebasan Suriah (FSA) di dekat perbatasan Irak.

Selain itu, serangan udara Tentara Arab Suriah juga telah mengalami kemajuan yang signifikan. Mereka telah berhasil membebaskan wilayah selatan Palmyra yang sebelumnya dikendalikan oleh ISIL.

Pasukan Demokratik Suriah pun, setelah melakukan operasi untuk mengusir kelompok militan, kini telah sampai di gerbang Kota Raqqa.

Bersamaan dengan berbagai kekalahan yang dialami kelompok teroris di seluruh Suriah, maka bulan Juni dapat menjadi tanda berakhirnya kekuasaan mereka atas Kota Raqqa. (fd/AMD)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL