Tehran,LiputanIslam.com—Presiden terpilih Iran, Syeikh Hassan Rouhani mengatakan bahwa perbincangan yang dilakukan oleh Trump dan Raja Saudi seputar konflik di Timur Tengah tidak memiliki bobot politik. Rouhani menekankan bahwa rakyat Iran akan memulihkan keamanan di wilayah tersebut.

Dalam konferensi pers pertamanya setelah ia terpilih sebagai presiden Iran, ia mengatakan “pihak yang akan memerangi terorisme adalah rakyat Irak dan Suriah.” Ia menekankan bahwa Tehran akan terus memberikan dukungannya untuk Suriah dan Irak.

Rouhani menegaskan bahwa “perang melawan terorisme tidak akan bisa dilakukan melalui konferensi-konferensi atau pengorbanan atas uang rakyat” sambil merujuk pada penjualan senjata yang dilakukan AS kepada Saudi yang menghabiskan uang senilai 110 milyar dolar.

“Pihak yang telah membiayai para teroris, tidak berhak untuk mengeluarkan pernyataan perang melawan terorisme.” Ucapnya.

Presiden Rouhani pun menolak berbagai tuduhan yang dialamatkan oleh Presiden Amerika, Donald Trump, yang menyebut Hizbullah Lebanon sebagai teroris, sembari bertanya: “Siapa yang memberikan dukungan perang melawan terorisme, selain Rusia dan Hizbullah Lebanon?”.

Rouhani menegaskan bahwa Hizbullah merupakan komunitas yang cenderung moderat dan didukung oleh rakyat Iran dan Lebanon, bahkan non-muslim Lebanon pun menghormati Hizbullah.”

Ia melanjutkan,” Siapa yang mampu mengklaim bahwa tanpa dukungan Iran, keamanan di wilayah-wilayah tersebut bisa tercapai?”.

Beliau mengumumkan pesan yang disampaikan rakyat Iran dalam pemilihan presiden, yang berlangsung pada Jum’at lalu, adalah untuk memperkuat persatuan nasional dan terbuka terhadap dunia luar.

“Rakyat Iran ingin berkata kepada orang-orang di wilayah ini, Kami berada di sampingmu”.

Selain itu, Rouhani berharap agar pemilu di Arab Saudi, suatu saat nanti, akan dilakukan melalui kotak suara, bukan turun-temurun.

Ia menekankan bahwa Iran tidak membutuhkan izin dari siapapun untuk mengembangkan program nuklirnya yang digunakan untuk mempertahankan diri, “Perdamaian adalah senjata kami dan rudal kami hanya digunakan untuk mewujudkan perdamaian.” (fd/alahed)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL