Swiss,LiputanIslam.com-Para peneliti berhasil membuat sebuah kunci yang menyimpan karakteristik keamanan dalam dirinya. Kunci yang dibuat menggunakan printer 3D ini diklaim tidak bisa dijiplak.

Menurut laporan situs Digital Trends, dengan adanya kunci ini, maka para pencuri tidak lagi bisa membuat kunci duplikat dengan melihat foto dari kunci asli.

Kunci-kunci khusus ini diproduksi oleh perusahaan asal Swiss bernama UrbanAlps. Perusahaan ini berharap, kunci ini bisa meningkatkan keamanan bangunan dan rumah-rumah secara maksimal. UrbanAlps mengklaim, kunci ini tidak bisa di-scan atau dikopi.

Kunci ini dirancang menggunakan printer tiga dimensi khusus logam. Printer ini memanfaatkan teknologi laser untuk melelehkan logam secara akurat. Teknologi dalam printer ini bisa digunakan memproduksi format-format detil dan rumit. Cara ini juga bisa memblokir scan 3D kode-kode mekanik.

Biaya produksi sepasang kunci ini mencapai 200 dolar. Diharapkan produksi massal kunci ini dalam waktu dekat akan segera dimulai agar bisa digunakan oleh masyarakat umum. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL