Doha,LiputanIslam.com-Reporter stasiun televisi al-Mayadeen, Mohammad Mohsein, mengungkap rincian isi surat jawaban Qatar kepada Saudi, Bahrain,UEA, dan Mesir. Surat ini diberikan melalui Kuwait untuk menanggapi sejumlah tuntutan empat negara tersebut demi memulihkan hubungan diplomatik dengan Qatar.

Berikut ini poin-poin yang terdapat dalam surat balasan Doha:

  1. Qatar bersedia mengusir warga Iran dan memutus hubungan dengannya, termasuk hubungan ekonomi, dengan syarat negara-negara Teluk, terutama UEA, bersedia melakukan hal serupa.
  2. Qatar juga siap menutup pangkalan militer Turki di wilayahnya, dengan syarat pangkalan-pangkalan militer asing di wilayah negara-negara anggota GCC juga ditutup.
  3. Doha membantah hubungan dengan kelompok-kelompok teroris yang ada dalam daftar PBB. Doha menegaskan, Ikhwanul Muslimin tidak termasuk kelompok teroris dalam daftar tersebut.
  4. Qatar membantah tuduhan pendanaan terorisme tanpa adanya bukti-bukti kuat. Doha juga tidak mengakui daftar kelompok-kelompok teroris versi negara-negara pemboikotnya.
  5. Doha tidak akan mendeportasi orang-orang yang disebutnya sebagai pencari suaka politik atau Muslim Sunni tertindas yang menetap di Qatar.
  6. Qatar menolak membubarkan stasiun al-Jazeera. Jika itu mesti dilakukan, Qatar mengajukan prasyarat berupa penutupan stasiun televisi al-Arabiya, Sky News Arabia, al-Hadath, MBC, dan channel-channel milik Mesir.
  7. Doha membantah telah mengintervensi urusan dalam negeri negara-negara Teluk. Sebaliknya, Doha menuduh UEA mencampuri urusan internal Kuwait dan Qatar serta melakukan upaya intelijen untuk mengkudeta raja Omman.
  8. Qatar juga membantah menjalin hubungan dengan kelompok oposisi negara Teluk manapun. Menurutnya, pemberian kewarganegaraan kepada warga negara lain adalah hal yang berkaitan dengan kedaulatan nasional Qatar.
  9. Qatar juga menolak membayarkan ganti rugi kepada negara-negara pemboikotnya. Justru Qatar berbalik menuntut ganti rugi dari mereka atas ‘kebodohan’ yang mereka lakukan terhadapnya. (af/yjc)
DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL