London,LiputanIslam.com-Sebuah laporan pemerintahan di Inggris menunjukkan, sejumlah orang yang bermukim di negara ini menyumbangkan ratusan ribu dolar per tahun kepada kelompok-kelompok radikal.

Amber Rudd, menteri dalam negeri Inggris, mengatakan,”Sumber dana terpopuler bagi organisasi-organisasi radikal di Amerika adalah bantuan dari orang-orang tak dikenal. Kemungkinan besar bantuan-bantuan dana ini berasal dari orang-orang yang menetap di Inggris.”

“Kadang kala, organisasi-organisasi radikal ini menerima sumbangan ratusan ribu pound dalam setahun. Ini adalah sumber dana utama bagi mereka,”tambah Rudd.

Menurut Rudd, ada kemungkinan sebagian penyumbang ini tidak mengetahui aktifitas organisasi-organisasi tersebut, atau tidak mendukung sepenuhnya program-program yang dicanangkan organisasi itu.

Laporan dari Kementerian Dalam Negeri Inggris tidak merinci lebih jauh terkait masalah ini. Namun laporan ini menyebutkan, sebagian dari organisasi radikal tersebut mengenalkan diri sebagai lembaga-lembaga amal. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kredibilitas organisasi yang bersangkutan.

Menteri Dalam Negeri Inggris menyatakan, dia tak akan mempublikasikan laporan rahasia tersebut seutuhnya. Dia beralasan bahwa laporan itu berisi sejumlah info pribadi, juga ada hal-hal yang berkaitan dengan keamanan nasional. Namun dia mengundang semua petinggi partai-partai oposisi untuk membaca laporan tersebut. (af/yjc/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL