London,LiputanIslam.com-Menteri Pertahanan Inggris, Michael Fallon, menyatakan negaranya akan mempertahankan Selat Gibraltar setelah keluar dari Uni Eropa.

Dalam wawancara dengan BBC, Minggu (2/4), Fallon berkata bahwa pihaknya akan tetap memegang kepengurusan atas Gibraltar.

Hal ini disampaikan Fallon menyusul pertengkaran verbal antara pejabat Inggris dan Spanyol terkait Selat Gibraltar di selatan Spanyol.

“Dari semua sisi, kami akan mempertahankan Gibraltar. Hak kepemilikan atas Gibraltar tak bisa diubah tanpa persetujuan para penduduknya. Mereka sudah jelas menyatakan tak ingin berada di bawah kekuasaan Spanyol,”kata Fallon.

Dalam referendum Gibraltar yang diadakan tahun 2002, 99 persen suara menolak pembagian kekuasaan atas daerah ini dengan Spanyol.

Gibraltar yang berpenduduk sekitar 30 ribu orang, terletak di pintu masuk Laut Mediterania, di ujung selatan Semenanjung Iberia. Kawasan ini memiliki luas 607 kilometer persegi.

Gibraltar diserahkan kepada Inggris tahun 1713 sebagai bagian dari perjanjian Utrecht. Meski demikian, Spanyol dalam beberapa dekade terakhir menuntut pengembalian kawasan ini.

Tekad Madrid untuk mengembalikan Gibraltar semakin menguat pasca rakyat Inggris menuntut untuk keluar dari Uni Eropa.

Tampaknya Spanyol juga mendukung Skotlandia menjadi anggota Uni Eropa setelah Inggris keluar dari badan ini. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL