Jakarta,LiputanIslam.com-Minggu (29/1) Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Indonesia, menyatakan bahwa kebijakan imigrasi Donald Trump telah membuat prihatin mayoritas muslimin. Kebijakan ini berkaitan dengan ‘pengawasan ketat’ atas warga dari sejumlah negara muslim yang masuk Amerika.

Kendati Indonesia tidak termasuk negara-negara yang ‘dicekal’ Trump, namun Retno menyatakan,”Kami sangat menyesalkan kebijakan ini.”

Terkait masalah ini, Menlu menghimbau seluruh WNI di Amerika untuk tetap tenang. Melalui keterangan pers yang diterima Antara di Jakarta hari ini (29/1), Kementerian Luar Negeri meminta WNI di Amerika untuk tetap menghormati hukum setempat.

Kemarin, Kementerian Luar Negeri Iran juga menyatakan, kebijakan imigrasi Trump ini adalah “penghinaan terhadap Dunia Islam dan bangsa Iran.” Iran termasuk dalam tujuh negara yang ‘dicekal’ kebijakan ini selain Suriah, Yaman, Irak, Sudan, Somalia, dan Libya.

Kebijakan Trump ini memicu kecemasan warga negara-negara tersebut dan kepanikan di bandara-bandara dunia.

Dalam kampanye pilpres lalu, Trump menuntut pelarangan masuknya muslimin ke tanah Amerika. Pernyataan ini berbuntut protes dan kecaman dari kalangan muslimin, kelompok pembela HAM, rival-rivalnya dari Partai Demokrat, bahkan pendukungnya sendiri dari Partai Republik. (af/presstv/tempo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL