NewDelhi,LiputanIslam.com-Menteri Dalam Negeri India mengatakan, para pengungsi ilegal Rohingya dideportasi karena mereka ancaman bagi keamanan India.

Rajnath Singh dalam wawancara dengan para jurnalis di Kashmir, Kamis (14/9), menegaskan, pemerintahnya akan menindak keras para pengungsi ilegal.

Statistik menunjukkan, sekitar dua juta imigran ilegal berada di India. 40 ribu dari mereka merupakan pengungsi Muslim Rohingya.

Penasihat Mendagri India, Kiren Rijiju, pada 5 September lalu mengumumkan, para imigran ilegal Rohingya ini menetap di sejumlah kawasan seperti Jammu, Heiderabad, New Delhi, dan Rajasthan.

Kemendagri India pada dua pekan lalu meminta para gubernur negara-negara bagian untuk melacak para pengungsi Rohingya dan mendeportasi mereka.

Tindakan pemerintah India ini memicu protes keras para pengungsi Muslim India dan sejumlah organisasi HAM, termasuk Dewan HAM PBB.

India mengabaikan protes tersebut dan menepis tuduhan kekerasan yang dilakukannya terhadap pengungsi Rohingya.

Aparat keamanan India menganggap, para pengungsi ini mengancam keamanan India, sebab mereka berpotensi direkrut oleh kelompok-kelompok teroris. (af/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL