New Delhi,LiputanIslam.com—Di tengah ancaman yang digaungkan oleh Amerika kepada negara-negara pengimpor minyak Iran agar segera berhenti membeli minyak dari Iran, India masih tetap mengimpor minyak Iran. Sikap pemerintah India ini pun disambut baik oleh pemerintah Iran. Dubes Iran untuk India mengatakan bahwa Republik Islam Iran akan berusaha maksimal untuk mengamankan proses ekspor minyak.

“Iran memahami kesulitan India karena bertransaksi dengan pasar energi yang tidak stabil, dan kami telah dan akan terus memastikan keamanan suplai minyak ke India,” ucap dubes tersebut, seperti dikutip oleh Presstv pada Sabtu (14/7)

Selanjutnya, dubes tersebut mengatakan bahwa Iran akan menawarkan sikap yang fleksibel untuk mendorong hubungan bilateral antar kedua negara itu.

“Iran telah menjadi rekan jual beli yang kuat bagi India dan beberapa negara lainnya,” ucapnya.

Seperti diketahui, Iran merupakan penyuplai minyak ketiga terbesar ke India. Namun aktivitas jual beli minyak ini terganggu setelah Amerika memberlakukan sanksi atas Iran dan mengancam negara-negara pembeli minyak Iran untuk menghentikan transaksi mereka dengan Iran.(fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*