Teheran,LiputanIslam.com-Ketua Badan Energi Atom Iran menyatakan, Yukiya Amano tidak mengajukan permintaan baru untuk memeriksa situs-situs nuklir Iran. Hal ini disampaikan Ali Akbar Salehi dalam jumpa pers usai pertemuannya dengan ketua Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA).

Menurut Salehi, Amano mengunjungi Iran atas kehendaknya sendiri. Dia mengatakan, Amano berniat untuk memainkan perannya setelah sejumlah pernyataan provokatif yang dirilis oleh Donald Trump terkait program nuklir Iran.

“Perbincangan kami berjalan lancar. Sejauh ini, IAEA telah delapan kali membuat laporan (tentang program nuklir Iran) secara independen. Agensi telah mengkonfirmasikan komitmen Iran kepada JCPOA,”papar Salehi.

Dia menambahkan, pihaknya telah meminta dari Amano agar IAEA terus menjalankan tugasnya tanpa berpihak seperti saat-saat sebelumnya. Salehi mengabarkan, ketua IAEA juga direncanakan akan menemui presiden dan menlu Iran.

JCPOA disebut Salehi memiliki arti penting bagi Iran. Sebab itu, Iran menghendaki agar kesepakatan ini terus berjalan.

Terkait pasal T dalam JCPOA, Salehi menyatakan bahwa Iran berkomitmen dengan pasal tersebut sama seperti pasal-pasal lain. “Jika pihak lain menafsirkan pasal ini dengan interpretasi pribadi, maka itu adalah problem mereka,”ujar Salehi. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL