ruhani-renziTeheran, LiputanIslam.com — Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa ia ingin agar hubungan perdagangan dengan Italia kembali pulih, seperti saat Iran belum dikenakan sanksi nuklir. Hal ini ia sampaikan saat menyambut kunjungan dari Perdana Menteri Italia, Matteo Renzi.

“Italia adalah mitra dagang terbesar Iran di Uni Eropa sebelum dikenakan sanksi, dan hari ini kami ingin memainkan peran sebagaimana sebelumnya,” ujar Rouhani, seperti dilansir Press TV (12/4/2016).

Dalam sambutannya, Presiden Rouhani mengatakan kunjungannya ke Italia dan kunjungan Renzi ke Iran membawa pesan yang jelas terkait tekad kedua negara utnuk memperluas hubungan di bidang ekonomi, ilmu pengetahuan, dan budaya.

Sementara Renzi menyebut bahwa kunjungannya ke Iran merupakan suatu ‘investasi’, karena persahabatan dengan Teheran bisa berkontribusi untuk memerangi ISIS, yang telah melancarkan serangan yang mematikan di seluruh Eropa.

Uni Eropa mencabut sanksi-sanksi terhadap Iran setelah perjanjian nuklir dengan negara-negara P5+1 berhasil disepakati pada bulan Juli lalu, dan efektif berlaku mulai bulan Januari tahun ini.

Renzi tiba Selasa pagi, mengepalai delegasi dari 250 tokoh politik dan ekonomi berpengaruh, dan hal ini menandai Italia sebagai negara pertama yang melakukan kunjungan dengan kapasistas besar tersebut ke Iran sejak tahun 2001.

Menteri Luar Negeri, Menteri Infrastuktur dan Transportasi, Menteri Pembangunan Ekonomi, Menteri Pertanian, para pengusaha, baik dari pihak swasta dan pemerintah ikut menyertai Renzi dalam kunjungan tersebut. Tujuh dokumen kerjasama ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Sebelumnya, Presiden Rouhani telah mengunjungi Italia selama dua hari, dan kedua negara sepakat untuk melakukan kerjasama senilai 17 miliar Euro. Italia adalah salah satu mitra ekonomi dan perdagangan Iran sebelum sanksi diberlakukan, dengan nilai transaksi 7 miliar Euro. Namun sejak adanya sanksi, perdagangan menurun hanya 1,6 miliar Euro. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL