Riyadh,LiputanIslam.com—Kantor berita Swiss, Basler Zeitung, mengungkap fakta adanya hubungan “rahasia” antara Arab Saudi dan Israel untuk menekan pengaruh Iran di wilayah Timur Tengah.

“Sebuah jalinan kerjasama antara Arab Saudi dan Israel dalam rangka menekan pengaruh Iran di kawasan Timur Tengah tengah terbentuk secara diam-diam,” ucap reporter kantor berita tersebut. “Bahkan hubungan militer antara kedua negara itu terjalin begitu dalam,” tambahnya.

Hubungan militer yang rahasia antara kedua negara ini terjalin di saat Arab Saudi berusaha untuk  menunjukkah bahwa dirinya tidak memiliki hubungan resmi apapun dengan Israel.

Bahkan, reporter tersebut melaporkan bahwa Arab Saudi tengah mempertimbangkan kemungkinan adanya transaksi pembelian senjata-senjata Israel, termasuk tank dan iron dome yang menurut Israel terbukti bisa menangkal serangan roket dari jalur Gaza ke Israel.

Selain itu, harian tersebut mengatakan bahwa Riyadh tengah berusaha untuk menangkal serangan misil yang mungkin datang dari Yaman. Sementara itu, pada pengamat dari tel Aviv dan Riyadh telah mengkonfirmasi bahwa kerjasama antara kedua negara ini merupakan kerjasama yang cukup istimewa, mengingat Arab Saudi secara resmi menolak hubungan jangka pendek dengan Israel.

Keterangan di atas semakin diperkuat oleh paparan Menteri Energi Israel, Yuval Steinitz, melalui radio bahwa komunikasi antara Israel dengan Arab Saudi memang sedang terjadi, tetapi masih dirahasiakan. (fd/al-alam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*