Sanaa,LiputanIslam.com-Human Rights Watch (HRW) mengumumkan, AS, Inggris, dan Prancis harus segera menghentikan penjualan senjata kepada Saudi. AS sejak tahun 2015 telah memberikan dukungan langsung kepada operasi militer koalisi Saudi, sehingga Washington bisa dianggap sebagai pihak yang terlibat dalam agresi tersebut.

Organisasi pengawas HAM ini juga menyebut para petinggi Saudi dan UEA sebagai pihak yang bertanggung jawab atas semua kejahatan perang di Yaman. HRW menegaskan, koalisi agresor harus memberikan kompensasi kepada para korban mereka di Yaman.

Dalam laporan HRW disebutkan:”Tim penyelidik tentang kejahatan perang di Yaman tidak memiliki standar internasional terkait transparansi dan independensi pendapat. Para negara anggota koalisi Saudi mesti berkomitmen terhadap hukum internasional terkait hukuman atas para penjahat perang.”

Seperti diketahui, Saudi beserta sejumlah negara Arab, dan dengan lampu hijau AS, melancarkan agresi ke negara termiskin Arab, Yaman, sejak 26 Maret 2015 lalu. Agresi dilakukan dengan dalih untuk mengembalikan Mansour Hadi (presiden tersingkir Yaman) ke posisinya.

Agresi Saudi hingga kini telah menewaskan lebih dari 14 ribu warga Yaman yang tak berdosa dan menghancurkan negeri tersebut. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*