THWashington, LiputanIslam.com — Hampir separuh dari responden jajak pendapat AS khawatir jika calon presiden Donal Trump dari Partai Republik terpilih. Sementara sekitar sepertiga responden khawatir jika kandidat dari partai Demokrat, Hillary Clinton, yang terpilih sebagai presiden.

Jajak pendapat yang digelar oleh NBC News/ Survey Monkey, 47% responden menunjukkan “khawatir/ takut” jika Trump terpilih sebagai presiden. Sementara 26% menyatakan bahwa terpilihnya Trump adalah “harapan”, 21 % “marah”, dan 16% “terkejut”.

Sementara untuk rivalnya, 35% menunjukkan “khawatir/ takut” jika Hillary terpilih, 29% “harapan”, 22% “marah”, 16% “bersemangat”, dan 7% “terkejut”.

Dalam jajak pendapat kali ini, responden yang tidak menyukai Trump mencapai angka 57%, menurun dari 67% pada bulan Maret lalu. Meski begitu, ia masih dianggap kurang populer.

Sedangkan untuk Hillary, ada 49% responden yang tidak menyukainya, menurun dari 56% pada bulan Maret.

“Pemilu AS kali ini akan menjadi persaingan karakter dan temperamen dua kandidat politik yang paling tidak populer di dalam sejarah,” jelas Steve Schmidt, seperti dilansir Press TV (11/5/2016).

Trump juga tidak populer di kalangan Hispanik dan Muslim setelah menyebut imigran sebagai penjahat, serta menyerukan larangan bagi umat islam untuk masuk ke AS. Jajak pendapat CBS News yang digelar pada bulan April, menunjukkan bahwa ketidak-populeran Trump di masyarakat Hispanik mencapai 82%. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL