Kiev,LiputanIslam.com-Di Hari Hijab Sedunia, Komunitas Islam Kiev mengadakan pergelaran busana muslim di ibukota Ukraina ini.

Muslimin Ukraina memanfaatkan momentum ini guna memperkenalkan model-model busana Islam yang dikenakan kaum muslimah negara ini.

Menurut laporan Lena Savchuk, wartawan PressTV di Kiev, pergelaran busana ini diadakan di salah satu pusat perbelanjaan ibukota Ukraina. Muslimah Kiev memamerkan busana-busana tradisional negara-negara Muslim dan berbagai model busana Ukraina, mulai dari pakaian olahraga hingga gaun pengantin. Namun, yang menjadi fokus dalam pergelaran ini adalah hijab Islami.

Di Hari Hijab Sedunia, para wanita nonmuslim diajak untuk mengenakan kerudung. Tujuannya adalah meningkatkan pemahaman tentang hijab dan dukungan terhadap kaum muslimah yang berhijab.

Sacha adalah gadis Ukraina berdarah Suriah yang menggagas pergelaran ini. Menurutnya, dia berusaha menghapus image bahwa hijab adalah simbol penindasan wanita.

“Mengenakan hijab di negara nonmuslim adalah pertanda niat baik. Hal ini kerap memicu rasa ingin tahu orang lain. Namun ini tak pernah menjadi kendala bagi saya,”tutur Sacha.

“Ketika orang-orang melihat saya, mereka bertanya ‘kenapa kau mengenakan hijab? Sampai kapan kau harus mengenakannya?’ Saya selalu menjawab pertanyaan mereka dengan antusias. Bagi mereka, ini hal yang tak lazim. Namun mereka tetap bersikap biasa,”tambahnya.

Natalia, seorang pengunjung pergelaran ini, mengatakan,”Di masa ketika mayoritas orang memilih ketelanjangan, saya justru melihat wanita tetap memancarkan keindahannya, walau tubuhnya tertutup.”

Sekitar dua persen penduduk Ukraina adalah penganut Islam. Para penyenggara pergelaran ini menyatakan, sosialisasi hijab adalah cara terbaik untuk menghilangkan pendapat miring tentang kaum Muslimah. Meski mengenakan hijab, mereka tetap bisa beraktivitas, meraih kesuksesan, sekaligus tampil bergaya. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL