Abu Dhabi,LiputanIslam.com—Perdana Menteri Libanon, Saad Hariri, melakukan kunjungan ke Uni Emirat Arab (UEA) pada Selasa (7/11). Ini adalah kunjungan pertamanya dari Arab Saudi setelah berhasil memicu krisis politik di Libanon akibat aksi pengunduran dirinya yang mengejutkan.

Stafnya mengatakan bahwa Hariri, aliansi Arab Saudi, telah melakukan penerbangan ke Abu Dhabi dan setelah itu kembali lagi ke Riyadh. Bahkan, staf tersebut mengatakan bahwa Hariri akan melakukan kunjungan ke Bahrain.

Belum jelas apa motif di balik kunjungan politik ini. Tetapi, Hariri melakukan kunjungan ke negara-negara yang selama ini menjadi sekutu setia Arab Saudi.

Aksi pengunduran diri Hariri ini telah berhasil membawa Libanon ke dalam pusaran konflik antara Kubu Arab Saudi dan Iran, beserta aliansinya.

Pada Senin (10/7), Arab Saudi menuduh Libanon telah memulai perang melawan Arab Saudi. Hal ini disebabkan oleh serangan yang dilakukan oleh Hizbullah kepada Arab Saudi. Nampaknya, kejadian ini akan benar-benar mengganggu stabilitas di wilayah Libanon.

Para politisi Libanon dan Hizbullah tidak memberikan komentar apapun tentang ungkapan Saudi tersebut.

Sebuah roket ditembakkan dari Yaman beberapa jam setelah pengunduran diri Hariri yang berlangsung pada Sabtu. Pada Senin, Menteri Luar Negeri Saudi menuduh bahwa roket tersebut milik orang-orang Iran yang diluncurkan oleh Hizbullah.

Sementara itu, Presiden Libanon menolak pengunduran diri Hariri sebelum ia kembali ke Libanon dan menjelaskan alasan di balik pengunduran diri tersebut. (fd/Reuters)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL