Gaza,LiputanIslam.com-Undangan resmi Moskow kepada Ismail Haniyeh (ketua kantor politik Hamas) untuk melawat ke Rusia memicu amarah petinggi Rezim Zionis.

Media-media Israel pada Selasa (18/12) mengabarkan, Tel Aviv telah mengirimkan surat protes atas undangan itu ke Moskow.

Haidar Rashid (duta besar Rusia di Ramallah) pada 28 November lalu secara resmi mengundang Haniyeh untuk mengunjungi Moskow.

Pada tahun 2018 ini, sejumlah delegasi Hamas telah melawat ke Rusia dan bertemu dengan para petinggi Negeri Beruang Merah. Salah satunya adalah kunjungan yang dipimpin Musa Abu Marzuq (anggota senior Hamas) sekitar lima bulan lalu.

Saat Hamas memublikasikan dokumen politiknya pada Mei 2017 lalu, kementerian luar negeri Rusia mengutarakan dukungan terhadap dokumen tersebut, juga menyambut baik terpilihnya Haniyeh sebagai ketua kantor politik Hamas.

Hubungan Moskow-Tel Aviv sendiri mengeruh usai jatuhnya pesawat Rusia beserta 15 awaknya di barat laut Suriah beberapa bulan lalu.

Saat jet-jet Israel membombardi sejumlah daerah di Suriah, pesawat Rusia itu secara tidak sengaja terkena tembakan sistem pertahanan rudal Suriah dan jatuh hingga menewaskan semua awaknya.

Usai insiden ini, kementerian pertahanan Rusia menyerahkan sistem S-300 kepada Suriah. Hal ini membuat Rezim Zionis mengurungkan rencana serangan udara ke Suriah. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*