Gaza,LiputanIslam.com-Pemerintahan Rekonsialiasi Nasional (PRN) Palestina berencana menerima perlintasan Jalur Gaza pada hari ini (Rabu,1/11). Dalam tahap pertama PRN akan menerima perlintasan Rafah. Hal ini dilakukan dalam rangka penyerahan semua jalur perlintasan kepada PLO dan persiapan bagi aktivitas PRN di Gaza.

Nadhmi Mahna, ketua delegasi perbatasan dan perlintasan pada Selasa (31/10) mengatakan, perlintasan-perlintasan ini akan diserahkan kepada PRN pukul 8 pagi waktu Gaza, yang diawali dengan penyerahan perlintasan Rafah.

Sejumlah sumber memberitakan, semalam ada rapat antara kantor-kantor perlintasan Gaza dengan direktur perlintasan PLO. Pertemuan yang dihadiri delegasi keamanan Mesir ini diadakan dalam rangka mewujudkan upaya terakhir serah terima perlintasan.

Husain Syaikh, ketua kantor umum urusan sipil dan delegasi perlintasan, mengatakan bahwa PRN siap menerima semua jalur perlintasan secara keseluruhan.

Syaikh menegaskan, perlintasan Rafah akan aktif kembali mulai tanggal 1 November. “Kami akan berusaha memenuhi hal-hal yang dibutuhkan untuk membuka jalur Rafah sesuai kesepakatan tahun 2005,”kata Syaikh.

Berdasarkan kesepakatan antara Hamas dan Fatah, Hamas akan menyerahkan pengurusan Gaza hingga akhir Desember kepada PLO. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL