Gaza,LiputanIslam.com-Dikutip dari stasiun televisi al-Mayadeen, Hamas mengkritik pidato ketua PLO di sidang umum PBB. Hamas berpendapat, pidato Mahmoud Abbas tidak berisi hal baru dan hanya berupa pengulangan statemen.

“Pidato Abbas menunjukkan kondisi yang merupakan akibat dari kebijakan dan kekeliruannya, serta pengabaian terhadap sikap berbagai pihak,”demikian dinyatakan Hamas dalam statemennya.

“Ucapan Abu Mazen (Abbas) adalah pengakuan terbuka dan gamblang akan kegagalan kebijakan-kebijakannya, juga pernyataan soal ketidakmampuan proses kompromi dalam mewujudkan solusi adil di Palestina.”

“Pertanyaan Abbas soal perbatasan Rezim Zionis seharusnya dilontarkan sebelum intervensi tim Oslo dalam mengakui rezim tersebut. Pengabaian Abbas terhadap pengorbanan kelompok perlawanan dan pengucilan Gaza adalah lampu hijau bagi terjadinya lebih banyak kejahatan, dan melapangkan proses Kesepakatan Abad Ini.”

“Ancaman dan intimidasi tidak selaras dengan upaya Mesir untuk mengembalikan persatuan nasional. Kami menganggap Abu Mazen dan orang-orangnya bertanggung jawab atas setiap tindakan yang menargetkan keluarga-keluarga kami di Jalur Gaza.”

Hamas menyatakan, penting untuk  mendengarkan suara rakyat Palestina dan kelompok perlawanan serta berhenti menempuh jalur Oslo. Hamas juga menekankan pentingnya membuang perselisihan antara organisasi-organisasi Palestina, serta menyepakati program politik guna mengembalikan hak rakyat Palestina. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*