Washington,LiputanIslam.com-Duta AS di PBB bereaksi keras terhadap laporan yang disusun organisasi ini terkait kemiskinan di negaranya. Nikki Haley menyebut tindakan PBB ini “menggelikan.”

Situs The Hill menulis, Haley menolak laporan tersebut. Dalam suratnya kepada senator Demokrat, Bernie Sanders, ia mengatakan,”Adalah menggelikan jika PBB menyelidiki kemiskinan di AS.”

Sanders beserta anggota legislatif dari Demokrat dan Republik pada beberapa hari lalu menulis surat kepada Haley. Mereka memintanya menunjukkan hasil laporan khusus PBB tentang kemiskinan dan HAM di AS kepada Donald Trump.

“Reporter khusus PBB telah membuang-buang waktu dan sumber dayanya. Dia mengabaikan pelanggar HAM terburuk di dunia dan justru memusatkan perhatian ke negara terkaya dan terbebas dunia,”demikian tanggapan Haley kepada Sanders.

Menurut laporan PBB, kebijakan para politisi AS adalah penyebab utama kemiskinan di negara tersebut. AS diminta untuk melakukan perbaikan guna mengubah kondisi tersebut.

Dalam laporan PBB disebutkan,“Pada akhirnya harus dikatakan bahwa khususnya di negara kaya seperti AS, keberlanjutan kemiskinan adalah sebuah opsi politis yang dipilih oleh mereka yang berada di tampuk kekuasaan. Hal ini (kemiskinan) bisa dicabut secara mudah dengan tekad politik.”

Selain memperingatkan bahwa demokrasi di AS “terus dilemahkan,” PBB juga memberikan sejumlah saran untuk mengurangi tingkat kemiskinan.

Sanders dan para senator lain meminta agar pemerintahan Trump mengimplementasikan saran-saran dari PBB.

“Laporan ini menyampaikan statemen keliru tentang kemajuan AS dalam memerangi kemiskinan. Laporan ini juga sengaja menggunakan fakta dan data-data yang menyesatkan,”ujar Haley.

“Benar bahwa kemiskinan di AS masih merupakan masalah serius. Namun laporan tidak akurat tentang tersebarnya kemiskinan dan sebab-sebabnya tidak akan membantu siapa pun,”tambahnya.

Sanders membalas tanggapan Haley dengan mengatakan bahwa menurutnya, PBB telah melakukan “tindakan relevan” dengan menyusun laporan tentang AS.

“Saya berharap, di negara yang tiga warganya memiliki kekayaan melebihi 50 persen warga kalangan bawah, kita bisa memiliki kinerja yang lebih baik, dan memang harus demikian,”balas Sanders. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*