5523358_482Soshu,LiputanIslam.com-Situs berita Young Journalist Club (YJC) melaporkan, sebuah panti jompo di timur Cina memberi uang kontan bagi orang-orang yang mengunjungi orangtua mereka secara teratur.

Menurut berita yang dikutip dari BBC, pengelola panti jompo di kota Soshu mengumumkan, kunjungan kepada orangtua secara teratur bisa meningkatkan kualitas hidup mereka. Hadiah terbesar sebanyak 200 yuan (29 dolar) diberikan kepada anak yang mengunjungi orangtuanya lebih dari 60 kali dalam dua bulan.

Menurut panti jompo ini, sejak langkah ini diambil, frekuensi kunjungan terhadap orang-orang lanjut usia ini kian meningkat. Di lain pihak, kebijakan ini mungkin akan membuat panti jompo tersebut menanggung pengeluaran besar. Di hari pertama pemberlakuan aturan ini, mereka memberikan hadiah uang lebih dari 30 ribu yuan (4400 dolar).

Program ini dilaksanakan menyusul permintaan pemerintah Cina agar orangtua lebih dihormati oleh anak-anak mereka. Di tahun 2013, pemerintah Cina mengesahkan aturan terkait masalah ini. Salah satu butirnya menyatakan, anak usia dewasa yang tidak mengunjungi orangtuanya secara rutin, akan dijatuhi sanksi. Meski demikian, tidak disebutkan bagaimana cara memberlakukan undang-undang ini. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL