Damaskus,LiputanIslam.com—Komentator militer di kantor berita Haaretz, Amos Harel, mengatakan pada Senin (30/4) bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah mengirimkan pesan yang jelas kepada rival Amerikanya, Donald Trump. Pesan yang dimaksud adalah pengiriman sistem pertahanan S300 kepada Presiden Suriah, Bashar al-Assad. Tak hanya untuk Amerika, nampaknya pengiriman senjata ini juga merupakan peringatan kepada Israel agar mempersiapkan diri atas apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Menurut Harel, pengiriman sistem pertahanan ini didasarkan atas dua tujuan. Pertama adalah untuk melindungi instalasi militer Rusia di Suriah, dan kedua melawan serangan-serangan udara yang dilakukan oleh pihak lawan.

Harel juga mengatakan bahwa Rusia sempat menyatakan niatnya untuk mengekspor sistem canggih ini ke Teheran. Dengan adanya sistem pertahanan ini, maka setiap serangan yang ditujukan ke arah fasilitas nuklir Iran, pasti akan sangat sulit dilakukan.

Akhirnya, setelah perjanjian ditandatangani pada 2015 di Wina, S300 pun resmi beroperasi di Iran.

Baru-baru ini, Rusia sengaja membocorkan informasi bahwa mereka akan melengkapi pasukan Suriah dengan sistem yang sama. Bahkan, sistem pertahanan yang lebih canggih, yaitu S400 pun akan mereka kirimkan ke Suriah. (fd/al-Alam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL