Damaskus,LiputanIslam.com-Harian terbitan Inggris, Guardian, mengabarkan, Abu Bakar Baghdadi pada Januari lalu lolos dari percobaan pembunuhan. Kudeta dari dalam itu dilakukan oleh milisi asing dari kelompok ISIS di Suriah.

Menurut sumber-sumber intelijen Barat, percobaan kudeta atas Baghdadi ini dilancarkan pada 10 Januari lalu di dekat Hajin, Deir Azzour, timur Suriah.

Para milisi asing ISIS secara sengaja menembaki para pengawal pribadi Baghdadi. Namun dia sendiri lolos dari maut dan dilarikan ke sebuah kawasan yang berdekatan dengan gurun Suriah. Dua orang dikabarkan tewas dalam kontak senjata tersebut.

Berdasarkan info intelijen, salah satu dari mereka yang terbunuh itu adalah orang yang sangat dekat dengan pemimpin ISIS.

Usai insiden ini, ISIS mengadakan sayembara dan menjanjikan hadiah bagi yang bisa membunuh Abu Muadz al-Jazairi. Dia disebut-sebut adalah salah satu dari 500 teroris yang bergabung dengan ISIS.

ISIS tidak menuduh al-Jazairi terlibat dalam upaya pembunuhan Baghdadi. Namun kelompok ini mengadakan sayembara untuk membuat perhitungan dengan sebagian anggotanya. Menurut Guardian, al-Jazairi jadi buron karena perannya dalam percobaan pembunuhan tersebut.

Para pejabat Irak dan Barat berpendapat, Baghdadi akhir-akhir ini menghabiskan waktunya di wilayah-wilayah terakhir yang masih dikuasai ISIS.

Pihak AS sendiri melontarkan berbagai spekulasi kontradiktif terkait ISIS. Trump menyatakan bahwa kelompok ini telah kalah total. Namun Mike Pompeo mengatakan, ISIS masih merupakan ancaman walau sudah dikalahkan. (af/alalam/isna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*