Beberapa pria bersenjata berkumpul sehari sesudah Arab Saudi melancarkan serangannya ke Ibu Kota Sana’a pada Minggu (4/2).

Hudaydah,LiputanIslam.com—Rangkaian aksi militer, sebagai salah satu bagian kampanye militer aliansi pimpinan Arab Saudi atas Yaman, terus berlanjut. Kali ini, aliansi militer tersebut melancarkan dua serangan udara ke arah pemukiman Yaman yang ada di Provinsi Hudaydah.

Sumber-sumber lokal yang enggan menyebutkan namanya menyampaikan pada kantor berita berbahasa Arab Yaman, al-Masirah, pada Minggu (11/2) bahwa pasukan militer telah menembak sejumlah rumah di area Sharjah pada Senin sore dan akibatnya sembilan orang meninggal dunia, lima di antaranya adalah perempuan.

Di sisi lain, Militer Yaman dan aliansi para pejuang dari Komite Populer juga melakukan serangan ke arah pasukan Arab Saudi di area Raqabah al-Salah, perbatasan Najran, 844 kilometer sebelah selatan Ibu Kota Arab Saudi, Riyadh. Serangan ini, berhasil menewaskan dan melukai beberapa orang.

Sejak kampanye aliansi militer pimpinan Arab Saudi atas Yaman ini berlangsung pada 2015 silam, sekitar 13.600 orang telah terbunuh. Tak hanya itu, kampanye militer ini juga telah menghancurkan infrastruktur milik negara, seperti rumah sakit, sekolah, dan beberapa perusahaan. Akibatnya, Yaman tidak hanya menderita akibat serangan militer, tetapi juga karena dampak lain yang timbul akibat hancurnya fasilitas-fasilitas umum tersebut.

Di sektor kesehatan, Yaman dilanda penyakit Kolera yang menhantui kehidupan warga, termasuk anak-anak. Selain Kolera, penyakit Difteri pun mulai turut menjangkiti kehidupan rakyat Yaman. Di sektor pendidikan, anak-anak di Yaman tidak bisa mendapatkan pendidikan normal akibatnya hancurnya fasilitas sekolah dan penunjang pendidikan lainnya. Di sektor ekonomi, hancurnya beberapa perusahaan membuat perekonomian di Yaman mati. Hingga kini, Yaman bergantung pada bantuan dari masyarakat internasional dan beberapa negara yang peduli pada penderitaan di Yaman. (fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*