Abuja, LiputanIslam.com — Tentara Nigeria telah membantai Muslim Syiah yang berkumpul untuk melakukan peringataan keagamaan. Seperti dilaporkan media setempat pada Sabut, (12/12/2015), setidaknya tujuh orang telah gugur di Zaria.

Ketika mereka sedang berada di Hussainiyyah Baqeeyatullah (pusat keagamaan milik Gerakan Islam Nigeria). Dilaporkan bahwa Muslim Syiah menghentikan iring-iringan Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal Tukur Yusuf Buratai, karena Ayatollah Ibrahim Zakzaky, berencana memberikan ceramah di lokasi tersebut. Tidak terima, tentara Nigeria pun menembaki mereka.

Lokasi itu kini ditutup dengan penjagaan yang ketat.

Seperti diketahui, tentara Nigeria telah menargetkan Syiah sejak bulan Agustus tahun lalu ketika mereka melakukan demonstrasi untuk mengutuk kekejaman Israel terhadap rakyat Palestina.

Di Zaria, salah satu kota yang dihuni Muslim Syiah, dalam beberapa waktu terakhir telah menjadi sasaran serangan, dan karenanya, mereka menuntut pemerintah di Abuja untuk melakukan upaya yang lebih maksimal untuk melindungi mereka.

Misalnya, pada tanggal 27 November lalu, lebih dari 20 orang Muslim Syiah yang tewas dalam serangan bom ketika mereka melakukan kegiatan keagamaan di Kano. Serangan ini dilakukan oleh kelompok teroris Boko Haram.

Muslim Syiah di Nigeria adalah kelompok minoritas, hanya sekitar 3 juta jiwa atau 4% saja dari jumlah penduduk. Namun serangan terhadap mereka begitu intensif. Tak hanya menjadi korban teroris Boko Haram, Syiah Nigeria juga menderita oleh kesewenang-wenangan militer. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL