Washington,LiputanIslam.com-Juru bicara Gedung Putih menyatakan, Donald Trump telah mengambil sikap terkait JCPOA dan akan mengumumkannya dalam waktu dekat.

Sarah Sanders mengatakan, keputusan Trump meliputi strategi komprehensif sekaitan dengan tindakan terhadap Iran. Strategi ini juga akan segera dipublikasikan.

Sanders mengklaim, strategi ini didukung penuh oleh tim yang juga menyokong semua upaya dalam masalah ini.

Berdasarkan aturan yang disahkan Kongres Amerika, Trump harus memberikan laporan per 90 hari sekali terkait komitmen Teheran terhadap JCPOA.

Durasi 90 hari pertama akan berakhir pada 15 Oktober mendatang. Menurut sejumlah media yang mengutip dari sumber-sumber kredibel, Trump diprediksi akan menolak komitmen Iran.

Washington Post melaporkan, dalih yang akan digunakan Trump adalah bahwa JCPOA tidak berguna bagi kepentingan nasional Amerika. Dia dikabarkan akan menyerahkan keputusan final kepada Kongres AS.

Trump sendiri berbeda pendapat dengan para menterinya terkait masalah ini. Sebelum ini, James Mattis (menhan AS), Rex Tillerson (menlu AS), dan Joseph Dunford (ketua staf Angkatan Bersenjata AS) berulangkali menegaskan komitmen Iran terhadap JCPOA.

Banyak pengamat berpendapat, keluarnya Amerika dari JCPOA akan menjauhkannya dari para sekutu di Eropa serta menjatuhkan kredibilitasnya di mata dunia. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL