Washington,LiputanIslam.com-Menurut berita dari Reuters, sampul majalah terbitan Jerman, Der Spiegel, edisi 4 Februari 2017 menimbulkan kehebohan di dalam dan luar negeri Jerman.

Sampul depan Der Spiegel menampilkan gambar kartun Trump. Satu tangannya sedang memegang kepala patung Liberty yang meneteskan darah, sementara tangan lainnya memegang sebilah pisau berlumur darah. Di samping gambar ini terdapat tulisan “America First.”

Gambar ini adalah karya Edel Rodriguez, seorang seniman keturunan Kuba yang berimigrasi ke Amerika tahun 1980 sebagai pencari suaka politik. Dalam pernyataannya kepada Washington Post terkait gambar ini, ia berkata,”Ini adalah pembantaian demokrasi; pemenggalan sebuah simbol suci.”

Gambar sampul ini menyulut kegemparan di Twitter serta media-media Jerman dan asing. Der Spiegel menampilkan gambar presiden Amerika ini di tengah meningkatnya serangan Trump dan orang-orang dekatnya terhadap kebijakan-kebijakan Jerman. Hal inilah yang menyebabkan hubungan Washington-Berlin menjadi dingin. Padahal, di masa pemerintahan Obama, Angela Merkel, Kanselir Agung Jerman, termasuk politisi Eropa yang dipercayai Amerika. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL