Assam,LiputanIslam.com-Kantor berita Sputnik melaporkan, sebanyak 1514 guru di negara bagian Assam, India, mengancam akan melakukan bunuh diri massal. Ancaman ini dilontarkan karena gaji mereka tak kunjung dibayarkan.

Berdasarkan pengakuan mereka, pemerintah Assam telah menghentikan pembayaran gaji lebih dari 12 ribu guru sekolah-sekolah pemerintah selama 12 tahun terakhir. Mereka mengatakan, hingga 3 ribu guru di Assam telah pensiun dan 91 orang dari mereka telah bunuh diri.

Hingga kini para guru tersebut telah mengajukan permohonan ke lembaga-lembaga negara bagian dan pusat India agar masalah ini ditangani. Namun sampai sekarang kesulitan mereka belum teratasi. Jika permohonan mereka tak kunjung ditanggapi, mereka mengancam akan melakukan bunuh diri massal pada 26 Juli ini.

Sputnik melaporkan, pada tahun 2006 sekitar 1200 guru di Assam (yang memiliki pengalaman mengajar 20-24 tahun) telah dibekukan dari pekerjaan mereka.

Seorang guru mengaku, para sejawatnya menerima gaji secara teratur hingga tahun 1996. Pembayaran gaji mereka sempat terhenti, namun kembali berlanjut pada 2001. Namun pada 2006 gaji mereka distop dengan alasan mereka dipekerjakan secara ilegal.

Menurut Sputnik, kendati mempekerjakan mereka dianggap ilegal, guru-guru itu tetap mengajar hingga saat ini. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*